Mengindahkan Peran Air Dalam Kehidupan

airrr

Sumber: gooogle.com

Air sangatlah penting bagi kelangsungan hidup. Salah satu Sumber Daya Alam ini memiliki fungsi bagi keperluan manusia. Kegunaannya sebagai sumber air minum, perumahan, irigasi pertanian, pertenakan, perikanan, pembangkit listrik, transportasi dan tempat rekreasi.

Tahu kamu, manusia menggunakan air bersih sekitar 6-180 liter digunakan untuk mandi. Sekitar 13 liter untuk menggosok gigi, 8 liter untuk memasak dan makan, dan 2 liter untuk minum. Maka, harus berapa liter air bersih yang perlu disediakan bumi untuk satu orang perharinya?…

Menurut statistik Perserikatan Bangsa–Bangsa (PBB), 20 peratus didunia mengalami kekurangan air bersih. Pencemaran air menyebabkan 25 juta jiwa meninggal perhari. Sekitar 50 peratus penyakit dunia itu berasal air. Bagaimana masa depan bumi tanpa air?

Air bersih memiliki manfaat bagi kepentingan kesehatan kita. Maka itu, kita harus menghargai air. Pada Juni 2001, Sidang Umum PBB ke-47 di Rio De Jenerio menetapkan bahwa 22 Maret sebagai Hari Air Sedunia. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih.

Perlunya kesadaran dari diri kita untuk mengelola penghematan air. Air tidak hanya sumber yang diwariskan dari nenek moyang tetapi lebih jauh, lebih tinggi yaitu karunia dari Tuhan. Kita dapat mencontoh suku Indian dengan menghormati dan menghargai air karena itu berasal dari Sang Sumber Segalanya.

Cara menghargai air bersih sangatlah mudah. Mari membiasakan dan bekerja keras untuk menghindari pencemaran polusi air. Tidak membuang sampah ke sungai. Menjaga dan merawat lingkungan sekitar. Menanam pepohonan, tanaman dan memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan hijau. Janganlah menunjukan kesewenang-wenangan dan kesombongan dengan menghamburkan air hanya karena ‘aku’ bisa membayar dan membelinya.

Kami mengetuk hati Anda untuk mengunakan air dengan bijak agar cucu kita digenerasi yang akan datang dapat merasakan air bersih layaknya apa yang telah kita dapatkan. Terima kasih Tuhan, telah bermurah hati ‘meminjamkan’ kami air bersih, sejuk, dan melimpah. Sehingga kami tidak kekurangan dan tetap dapat hidup sehat. (Dar/1)

Anda ingin kursus on line cara mendapatkan income sampingan dari internet ? Join Now, DISINI

Related posts

Leave a Comment