Ecology VS Me Frame

ecology

Ecology vs Me Frame

Bagi pembelajar NLP.. tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ekologi.. langkah akhir dari menjalankan sebuah teknik adalah cek ekologi..

Sebab manusia ini makhluk sistemik.. maka perubahan di satu sisi akan berdampak pada hal lain.. karenanya kita perlu mengecek.. apakah perubahan yang kita buat itu selaras dengan bagian dari diri yang lain.. lalai mengecek ekologi akan menyebabkan perubahan tidak permanen.. atau bahkan berdampak negatif..

Nah.. terus terang saya belajar banyak soal ekologi ini ya pertama kali dari NLP.. bahwa ada sistem dalam diri kita, sebagaimana ada sistem dalam keluarga, masyarakat, agama, negara.. tiap perubahan harus dipertimbangkan dampaknya pada keseluruhan sistem..

Sisi lain, untuk menciptakan perubahan besar, terkadang tidak perlu radikal dengan mengubah semua hal.. tapi cukup mengubah hal yang.. jika ia diubah.. maka akan menggerakkan keseluruhan sistem secara bertahap..

Maka seorang praktisi NLP.. selalu bertanya dalam dirinya.. apakah cara berpikir saya ini berdampak positif bagi diri saya? Bagi keluarga saya? Bagi organisasi saya? Bagi masyarakat saya? Bagi agama saya?

Ini seharusnya.. karena pola pikir non NLP adalah Me Frame.. yakni hanya menggunakan bingkai berpikir kacamata kuda.. apa yang dirasanya baik.. apa yang disukainya.. itu yang dipilih..

Dan omong-omong.. bingkai yang terakhir ini pun.. saya amati.. terjadi di kalangan praktisi NLP..

Mau beli handphone baru.. coba tanya, “Apa dampaknya pada keuangan saya dalam jangka panjang?”.. “Siapa saja yang akan terkena dampaknya?”.. “Apa yang mungkin dipikirkan oleh orang lain yang melihat?”

Tiga pertanyaan ini ada di buku.. silakan dieksplorasi..

Pertanyaan pertama saja, bisa jadi sudah akan membatalkan kita memberli HP baru jika tidak benar2 dibutuhkan.. karena saya dibuat sadar bahwa saya sedang mencicil rumah.. misalnya..

OK.. ada yang bisa kasih contoh lain penggunaan lain Ecology Frame?”

Oleh : Mas Teddi dalam kuliah bedah buku The Art of Enjoying Life

Frame selanjutnya ada pada artikel : Outcome vs Problem Frame

Anda ingin kursus on line cara mendapatkan income sampingan dari internet ? Join Now, DISINI

Related posts

Leave a Comment