Ancaman Penyakit Demensia atau Pikun di Hari Tua

dr fidiansjah

Pikun ? Siapa yang mau menjadi pikun? Saya kira tidak ada orang satupun di dunia yang mau dirinya jadi orang pelupa bahkan sampe pikun. Lupa menaruh barang di mana, lupa nama seseorang atau kerabat, atau malah lupa dengan pasangan sendiri, lhooo kalo yang terakhir ini bahaya.. hehe

Tapi sering kali kita lihat orang-orang yang sudah lansiapun ingatannya kok bisa ya tetap kuat? Ingat sejarah hidupnya, ingat semua nama-nama cucunya, dan ingat hal-hal lainnya. Dan memang pikun ini dikarenakan beberapa hal lho, apa saja penyebabnya ?. Di bawah ini salah satu penyebab pikun :

  • Stres. Banyak orang yang dalam keadaan stres jadi sulit berkonsentrasi serta menyimpan memori di otak. Stres bisa muncul karena masalah pekerjaan, keluarga, bahkan tekanan batin.

 

  • Kurang Tidur Malam. Di era yang rata-rata semua orang sibuk ini, tak sedikit orang yang rela begadang sehingga kurang tidur, karena harus mengerjakan kesibukannya. Hal ini dapat menjadi sumber penyebab lupa, karena kegiatan seperti begadang demi kejar dead line dapat menimbulkan stres. Lebih baik, jika kita memprioritaskan waktu tidur di malam hari dibanding urusan lainnya.

 

  • Malas Melatih Otak. Pada saat diberikan sebuah persoalan, orang terkadang malas menemukan solusi dari persoalan tersebut. Nah, kebiasaan ini akan membuat kecerdasan otak menjadi menurun dan respon terhadap sesuatu pun menjadi lambat alias Lola alias Loading Lama.  Alangkah lebih baiknya jika kita sering mengasah otak kita untuk berpikir dan mencari solusi dari sebuah masalah agar terhindar dari menurunnya tingkat kecerdasan, dan lambatnya respon berpikir sehingga menyebabkan pikun.

 

  • Alkohol atau Obat-Obatan. Orang yang dalam keadaan stress, banyak mencari solusi sementara dari tekanan yang dihadapi. langkah buruk yang biasanya diambil salah satunya mungkin dengan minum-minuman beralkohol dan mengkonsumsi obat-obatan. kecanduan obat-obatan atau alkohol justru akan menimbulkan efek buruk bagi otak karena zat-zat yang dikandungnya. Apabila kecanduan berlangsung dalam jangka panjang, pengguna akan punya resiko mengalami pikun di usia muda.

 

Banyak orang menganggap biasa jika orang yang sudah tua lupa dengan ini itu. Namun pikun merupakan penyakit yang menyerang bagian otak, dan bisa saja yang terlupa bukan hanya benda-benda, tapi bisa juga keluarga dan lingkungan sekitar.

Dalam wawancaranya pada salah satu program acara kesehatan di Jak TV dengan tema Ancaman Penyakit Demensia di Hari Tua 11 Maret 2016, Direktur Klinik Puri Media Cendekia (PMC) yang juga menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kejiwaan dan NAPZA Kementerian Kesehatan, dr. Fidiansjah, SpKJ menerangkan bahwa pikun dan pelupa merupakan gejala penyakit yang harus segera mendapat pertolongan bila tidak ingin semakin parah, dan seorang lansia menjadi pikun bukan karena keinginanya, lansia tidak selalu harus pikun. Dengan adanya pencegahan sejak dini, yaitu berolahraga teratur, menjalani pola hidup sehat, stop merokok, akan membuat seorang lansia tetap produktif di hari tuanya.

Anda ingin kursus on line cara mendapatkan income sampingan dari internet ? Join Now, DISINI

Related posts

Leave a Comment